Sertifikasi Dosen

Diposting pada

Sertifikasi dosen adalah proses pemberian sertifikat pendidik kepada dosen. Program ini merupakan upaya meningkatkan mutu pendidikan nasional, dan memperbaiki kesejahteraan dosen, dengan mendorong dosen untuk secara berkelanjutan meningkatkan profesionalismenya. Sertifikat pendidik yang diberikan kepada dosen melalui proses sertifikasi adalah bukti formal pengakuan terhadap dosen sebagai tenaga profesional pada jenjang pendidikan tinggi.

Sertifikasi dosen merupakan program yang dijalankan berdasar pada UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, UU Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, dan Peraturan Pemerintah R.I No. 37 Tahun 2009 tentang Dosen dan Peraturan Mendiknas RI Nomor 47 Tahun 2009 tentang Sertifikasi Pendidik Untuk Dosen. Proses penilaian akhir portofolio dilakukan oleh asesor, yang diusulkan oleh perguruan tinggi penyelenggara sertifikasi dosen setelah mengikuti pembekalan sertifikasi, dan mendapatkan pengesahan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Untuk mengakses sertifikasi dosen online, silakan akses alamat berikut : http://serdos.dikti.go.id

Informasi seputar Sertifikasi Dosen Untirta dapat diakses di lnk berikut :

Kumpulan informasi penting untuk Dosen : Info Penting Dosen & Info Penting Dosen_2

Sertifikasi pendidik untuk dosen (Serdos) merupakan program yang dijalankan berdasar pada (1) UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, (2) UU Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, (3) Peraturan Pemerintah R.I No. 37 Tahun 2009 tentang Dosen, dan (4) Peraturan Mendiknas RI No. 47 Tahun 2009 tentang Sertifikasi Pendidik untuk Dosen. Program Serdos merupakan upaya meningkatkan mutu pendidikan nasional dan memperbaiki kesejahteraan dosen dengan mendorong dosen untuk secara berkelanjutan meningkatkan profesionalismenya. Sertifikat pendidik yang diberikan kepada dosen melalui proses sertifikasi adalah bukti formal pengakuan terhadap dosen sebagai tenaga profesional pada jenjang pendidikan tinggi.

Bahan Sertifikasi Dosen Tahun 2011 dapat diunduh

Buku_1 Serdos 2011

Buku_2 Serdos 2011

Buku_3 Serdos 2011

Buku_3 Serdos 2011 Lampiran

BKD menjadi bagian tak terpisahkan dari kinerja dosen. Oleh karena itu, pelaporannya harus informatif, user friendly, dan mudah dipahami oleh semua pihak.

Laporan Beban Kerja Dosen merupakan Kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi yang dilakukan oleh dosen yang meliputi bidang : Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, dan Penunjang Kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi. Oleh karena itu, beban kerja dosen harus terdistribusi secara proposional dan terukur pada semua bidang kegiatan tridharma perguruan tinggi.

Laporan ini, haruslah tidak hanya dipandang sebagai alat untuk menggugurkan kewajiban saja, namun harus dijadikan sebagai sarana untuk meningkatkan kinerja. Salah satunya kinerja penelitian yang diarahkan pada hilirisasi hasil penelitian yang dapat ditindaklanjuti dalam bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

Penyamaan persepsi 28 Nov 2017,

  1. Materi 1 (Regulasi dan implementasi BKD),
  2. Materi 2 (Rubrik BKD),
  3. Materi 3 (Materi 3 (Tunjangan profesi dosen dan tunjagan kehormatan GB)

Install file Access Runtime 2007
Bagi yang belum mempunyai Microsoft Access, silakan unduh dan install file Access Runtime 2007 di komputer Anda. Supaya aplikasi LKD dapat dijalankan tanpa perlu Microsoft Access. Menggunakan Ubuntu bisa menjalankan LKD ini dengan bantuan wine dan Access Runtime 2007.

File Access Runtime 2007